Honda CRV Tim Legato : The King of Asia 2019 ESQL Limited 145 dB

EMMA Indonesia – Honda CRV garapan tim Legato baru saja menyandang gelar sebagai The King of Asia ESQL Limited 145 dB yang didalamnya melibatkan 10 Negara kompetitor di perhelatan EMMA Asia Final 2019

Sistem audio di mobil Honda CR-V digarap oleh workshop A3 Green audio, Gresik. Historisnya sistem di mobil ini dibangun hanya untuk konsumsi harian saja. Namun beriring waktu, Agus (pemilik mobil) mulai menurunkan mobilnya dalam ajang kompetisi berbagai asoasiasi car audio yang aktif di Indonesia dengan beragam Regulasi, sehingga audio di mobil ini mulai dibangun serius, sampai di tahap seperti yang terlihat saat ini.

Honda CR-V beserta dengan sistem yang terpasang didalamnya didedikasikan sang pemilik untuk putri tercintanya, Fio. Kebetulan Fio sendiri memang memiliki kegemaran di bidang dance. Jadi sistem yang terpasang terkadang ia gunakan untuk menunjang hobi-nya tersebut saat berada di luar rumah.

Membahas dari segi teknis, sektor instalasi di rancang mengikuti aturan dari poin penilaian EMMA. “Instalasi di Honda CR-V menggunakan standard EMMA. Karena yang saya nilai, poin instalasi di EMMA itu sangat tinggi dan jangan sampai kejadian kalah gara-gara dipotong poin karena instalasi salah atau tidak tepat.”, tukas Rudi dari tim Legato.

Menyiasatinya dengan melakukan proses yang detil dari tiap perangkat yang akan disematkan menjadi satu sistem ESQL. ” langkah Pertama, mulai dari ukuran kabel DC vs Fuse, jarak kabel dari baterai ke main fuse, jumlah fuse dengan jumlah amplifier, fuse pengaman dari heat unit dan fuse buat lighthing dan lainnya. kemudian pengaturan jalur kabel ground dan visibility jalur perkabelan. sehingga di mobil Honda CR-V tidak tampak kabel yang semraut, semua tertata rapih, enak dilihat dan aman. Dari mulai pengerjaan instalasi sampai akhir memang benar-benar diawasi dan didokumentasi dan terakhir dokumentasi tersebut saya buku-kan juga buat mempermudah juri dalam melihat dan memberikan poin. Alhamdulilah Cr-v Fio dapat full poin dalam instalasi.”, tambahnya.

Sementara, untuk reproduksi suara, pemilihan lagu bebas dan tuning menentukan poin yang optimal. ” Untuk tonal saya berusaha menampilkan yang terbaik. baik untuk lagu wajib maupun lagu bebas (lagu pilihan dari peserta). Disini saya mau berbagi dengan rekan-rekan peserta SQL yang mau ikut EMMA Asia Final Tahun depan, untuk pemilihan lagu bebas carilah lagu yang terbaik baik secara tonality maupun recording. karena lagu bebas itu dinilai juga, tapi jangan semata-mata mengejar bonus perfome dance dll tetapi melupakan lagu dan kualitas lagunya. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya alhamdulilah di tahun ini bisa champion King Off Asia. Terima kasih kepada rekan-rekan semuanya yang membantu perjuangan saya hingga meraih gelar tersebut dan pertama buat Indonesia. “, tutupnya.

Speifikasi:head unit:Kenwood DDx918BT,DSP: NSP8 (2 pcs), speaker:Flux BC,audible Physics Avatar 1 (2 set),Groundzero CT5000SPL,audible Physics RAM3, Herzt 8 inchi (2 set),Groundzero 12 inchi(midwoofer),tweeter Bullet Hertz,tweeter Bullet rockford fosgate,audible Physics NZ ALBE (2 set),audible Physics Tandav Series, midwoofer rockford fosgate,Coaxial Groundzero. Subwoofer :MA Audio, Momentum MXDD. power amplifier:Kicker 2.200 Watt dan 4.100 Watt, Momentum 5K Watt (3 pcs), Performa competition 2.200 Watt (2 pcs),Vox Research MKIII (2pcs). Batrei :Stinger CDR1500, Panasonic 100 A (2 pcs)